5 Tips Aman Hindari Spam Valentine

Posted on 23.50 by putu


Informasi terbaru 5 Tips Aman Hindari Spam Valentine

Berita Tekno, Jakarta - Hari Valentine segera datang. Spammer pun sudah bersiap-siap menjadi bagian dari perayaan tersebut. Sebagai pengguna internet, kita pun harus tetap waspada, agar tidak tergiur iklan-iklan mencurigakan, yang berpotensi sebagai spam.

Berdasar keterangan tertulis yang diterima detikINET, Senin (8/2/2010) Symantec mengamati ada lima judul e-mail, yang sekiranya berhubungan dengan spam Valentine:

- Increase your length, the best valentine’s gift.
- Show off your length for valentine’s.
- Get it before Valentine’s day and watch her smile.
- You have been invited to partake in a shopping spree with [Removed] This Month for Valentines!
- Happy Early Valentine’s Day, You have been selected to go on a $1000 Shopping spree to [Removed].

Symantec memperingatkan bila menerima e-mail-e-mail di atas, pengguna internet diharap tetap waspada. Terkait hal itu, Symantec memberi 5 tips aman saat online di hari Valentine.

1. Berhati-hatilah terhadap apa yang kita klik.
Berhati-hatilah ketika mengklik link dari pengirim yang tidak dikenal, karena link tersebut bisa saja mengandung program berbahaya atau mencatat identitas pribadi Anda.

2. Ingatlah untuk tidak pernah membalas email spam.
Dengan membalas email spam, Anda justru memberi tahu spammer bahwa dia telah menjangkau alamat email aktif. Ini akan semakin memperbanyak spam yang masuk.

Demikian juga, mengklik link unsubscribe akan menegaskan kembali bahwa alamat email tersebut aktif dan siap jadi sasaran spam. Karena itu, hapuslah email mencurigakan tanpa membacanya terlebih dahulu.

3. Miliki beberapa alamat email untuk beberapa tujuan.
Miliki satu alamat email khusus untuk penggunaan pribadi, yang hanya diketahui keluarga, teman dan kolega. Alamat email lain dapat digunakan untuk mailing list dan newsletter, dan yang lainnya untuk pencarian online dan berbelanja.

4. Perhatikan tempat memposting alamat email.
Untuk menghindari tertangkap oleh bot yang mengumpulkan alamat email, jangan memposting alamat email lengkap pada setiap halaman Web yang dapat diakses publik.

5. Terapkan perlindungan.
Pastikan anda menggunakan solusi keamanan terbaru yang melindungi terhadap spam dan virus, tapi tetap memungkinkan email yang sah masuk. Cobalah layanan keamanan web seperti Norton Safe Web di mana komunitas pengguna web bekerjasama untuk melaporkan situs phishing dan malware yang berbahaya. [detikinet.com]
Tinggalkan komentar anda tentang 5 Tips Aman Hindari Spam Valentine

0 komentar:

Posting Komentar